Larangan Zina, Membunuh Dan Murtad

NASH HADITS

عَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : لاَ يَحِلُّ دَمُ امْرِئٍ مُسْلِمٍ يَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنِّي رَسُوْلُ اللهِ إِلاَّ بِإِحْدَى ثَلاَثٍ : الثَّيِّبُ الزَّانِي، وَالنَّفْسُ بِالنَّفْسِ وَالتَّارِكُ لِدِيْنِهِ الْمُفَارِقُ لِلْجَمَاعَةِ

 [رواه البخاري ومسلم]

🍂 TERJEMAHAN HADITS / ترجمة الحديث :

Dari Ibnu Mas’ud radiallahuanhu dia berkata : Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : “Tidak halal darah seorang muslim yang bersaksi bahwa tidak ada Ilah yang haq selain Allah dan bahwa saya (Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam) adalah utusan Allah kecuali dengan tiga sebab : Orang tua yang berzina, membunuh orang lain (dengan sengaja), dan meninggalkan agamanya berpisah dari jamaahnya.” (H.R. Al-Bukhari dan Muslim)

 

🍃 FAEDAH-FAEDAH HADITS / الفوائد من الحديث :

✔1. Tidak boleh menumpahkan darah (menegakkan hukuman bunuh) atas kaum muslimin kecuali dengan tiga sebab, yaitu : zina muhshon (orang yang sudah menikah), membunuh manusia dengan sengaja dan meninggalkan agamanya (murtad) berpisah dari jamaah kaum muslimin.

✔2. Islam sangat menjaga kehormatan, nyawa dan agama dengan menjatuhkan hukuman mati kepada mereka yang merusaknya seperti dengan melakukan zina, pembunuhan dan murtad.

✔3. Sesungguhnya agama yang disepakati adalah yang dipegang oleh jamaah kaum muslimin (yaitu Islam), maka wajib dijaga dan sangat terlarang murtad darinya.

✔4. Hukum pidana Islam wajib dijalankan secara legalitas di sebuah negara, hal itu bertujuan kemashlahatan negara dan masyarakat.

✔5. Hendaknya umat Islam sadar akan pentingnya penerapan hukum Islam, karena akan mengakibatkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

✔6. Hukum pidana Islam bukanlah hukum yang kejam, namun hal itu bertujuan sebagai tindakan preventif dan untuk menghilangkan atau meminimalisasi tindakan kejahatan dan kriminal.

✔7. Pemerintah, ulama, negarawan, tokoh masyarakat, kaum muslimin wajib untuk berusaha menerapkan hukum Islam sebagai hukum positif negara.

✔8. Hadits diatas menunjukkan pentingnya menjaga kehormatan dan kesucian, yaitu dengan menjaga pergaulan dengan lawan jenis, tidak pacaran, tidak berkhalwat dengan lawan jenis bukan mahram, menutup aurat, dll.

✔9. Dalam hadits tersebut merupakan ancaman bagi siapa yang membunuh manusia yang diharamkan oleh Allah Ta’ala. Wallahu a’lam.

 

🍂🍃🍂🍃🍂🍃🍂🍃🍂🍃🍂

✍ Ustadz Agus Santoso, Lc., M.P.I

(Dewan Pembina bimbingansyariah.com)

Post Author: Agus Santoso, Lc., M.P.I.

Mahasiswa Doktoral Hukum Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *