Sedekah Tidak Mengurangi Harta

Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ وَمَا زَادَ اللَّهُ عَبْدًا بِعَفْوٍ إِلاَّ عِزًّا وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلَّهِ إِلاَّ رَفَعَهُ اللَّهُ

“Sedekah tidak akan mengurangi harta. Tidaklah Allâh membekali seorang hamba dengan sifat pemaaf kecuali itu adalah kemuliaannya. Dan tidaklah seorang hamba bersifat rendah hati karena Allâh kecuali Allâh akan mengangkat derajatnya”.[HR. Muslim, no. 2588].

 

FAEDAH-FAEDAH HADITS

1. Harta yang disedekahkan itu tidak akan mengurangi harta seseorang, justru akan bertambah, karena harta sedekah itulah harta seseorang yang sesungguhnya yang akan dibawa sampai ke alam akherat.

2. Sifat pemaaf akan menjadikan pemiliknya menjadi orang yang mulia, karena lepas darinya sifat dendam kepada orang yang menyakitinya.

3. Sombong adalah sifat tercela, sifat orang yang binasa, karena semua yang dia miliki adalah dari Allah Ta’ala, untuk apa dia sombongkan?

4. Kebaikannya, rendah hati, tawadhu’ adalah sifat mulia, sifat rendah hati menunjukkan ketinggian derajat pemiliknya, meskipun dia memiliki harta, pangkat dan kedudukan, namun tetap tawadhu dan tidak sombong. Wallaahu a’lam

 

*********************

✍ Oleh: Ustadz Agus Santoso, B.A., M.P.I

Post Author: Agus Santoso, Lc., M.P.I.

Mahasiswa Doktoral Hukum Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *