Kesucian Yang Terjaga Dari Zina

Nabi Yusuf yang diajak mesum, namun tidak mau karena takut Allah Ta’ala,

وَرَٰوَدَتْهُ ٱلَّتِى هُوَ فِى بَيْتِهَا عَن نَّفْسِهِۦ وَغَلَّقَتِ ٱلْأَبْوَٰبَ وَقَالَتْ هَيْتَ لَكَ ۚ قَالَ مَعَاذَ ٱللَّهِ ۖ إِنَّهُۥ رَبِّىٓ أَحْسَنَ مَثْوَاىَ ۖ إِنَّهُۥ لَا يُفْلِحُ ٱلظَّٰلِمُونَ ﴿٢٣

“Dan wanita (Zulaikha) yang Yusuf tinggal di rumahnya menggoda Yusuf untuk menundukkan dirinya (kepadanya) dan dia menutup pintu-pintu, seraya berkata: “Marilah ke sini”. Yusuf berkata: “Aku berlindung kepada Allah, sungguh tuanku telah memperlakukan aku dengan baik”. Sesungguhnya orang-orang yang zalim tiada akan beruntung.” (Q.S. Yusuf, 12:23)

Padahal ketika itu Nabi Yusuf dan wanita itu hanya berdua di rumah, tidak ada siapa-siapa, dan tidak ada orang yang tahu. Namun beliau takut siksa Allah Ta’ala bagi orang yang zalim. Maka kemudian Allah Ta’ala anugerahkan kepada beliau dengan kenabian dan kedudukan tinggi di dunia sebagai bendaharawan kerajaan Mesir.

Profil seorang wanita shalihah, Maryam binti Imran, yang berlindung kepada Allah Ta’ala tatkala didatangi malaikat Jibril berujud seorang laki-laki.

فَٱتَّخَذَتْ مِن دُونِهِمْ حِجَابًا فَأَرْسَلْنَآ إِلَيْهَا رُوحَنَا فَتَمَثَّلَ لَهَا بَشَرًا سَوِيًّا ﴿١٧

“Maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna.”

قَالَتْ إِنِّىٓ أَعُوذُ بِٱلرَّحْمَٰنِ مِنكَ إِن كُنتَ تَقِيًّا ﴿١٨

“Maryam berkata: “Sesungguhnya aku berlindung dari padamu kepada Tuhan Yang Maha pemurah, jika kamu seorang yang bertakwa”.” (Q.S. Maryam, 19: 17-18).

Subhànallah!

Seorang Maryam yang hanya didatangi malaikat yang bersosok laki-laki, sudah takut dan meminta perlindungan kepada Allah Ta’ala. Inilah wanita shalihah, wanita suci yang betul-betul menjaga kehormatannya dari laki-laki yang tidak halal.

Inilah potret dua orang yang betul-betul menjaga kehormatannya, sehingga mereka memiliki keutamaan dan pahala besar di sisi Allah Ta’ala.

Berbeda dengan sebagian orang-orang zaman sekarang yang rusak akal dan akhlaknya.

Mereka menjual kehormatannya karena dunia dan hawa nafsu binatang.

Mudahnya para laki-laki berkencan dan berbuat keji dengan wanita yang tidak halal.

Apalagi sebagian para wanita jaman sekarang yang mengumbar aurat, mengobral kemaluannya kepada laki-laki kencannya. na’udzubillah.

Sungguh tidak ada nilainya kehormatan dia, telah hancur mahkotanya. dan sungguh sayang, tidak ada rasa penyesalan dan usaha untuk taubat.

Sungguh syetan telah bergembira dengan hancurnya akhlak para pemuda dan pemudi. Syetan menghiasi kemaksiatan dengan bunga-bunga yang mengikat hati.

Yang akan membuat kesengsaraan dan penyesalan para penjaja syahwat.

Sungguh sulit memang mencari laki-laki yang shalih, terlebih sulit pula mencari wanita shalihah, yang menjaga kehormatan dan kesuciannya…
Nasalullahal afiyah.

*************

✍ Oleh: Ustadz Agus Santoso, Lc., M.P.I
( Dewan Pembina bimbingansyariah.com)

Post Author: Agus Santoso, Lc., M.P.I.

Mahasiswa Doktoral Hukum Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *